Senin, 07 Mei 2012

Saluran Distribusi




Saluran Distribusi PT Indomobil Suzuki Internasional
 PT Indomobil Niaga International dalam menetapkan kebijaksanaan distribusinya menggunakan saluran distribusi tiga tingkat (three level channel), yaitu :

















Dalam skema saluran distribusi PT Indomobil Niaga International, tampak bahwa PT Indomobil Suzuki International bertindak sebagai pabrikan, maksudnya adalah bahwa PT ISI
memproduksi produk-produk kendaraan bermotornya di pabriknya sendiri. Sedangkan PT Indomobil Niaga International berperan sebagai sole distributor (Agen Tunggal) yang bertugas memasarkan produk-produk Suzuki kepada main dealer dan sub dealer.
Yang dimaksud dengan main dealer adalah dealer-dealer besar/utama, dimana dealer tersebut biasanya mensuplai produk Suzuki dalam jumlah yang besar untuk dijual kembali kepada sub-dealer (dealer-dealer kecil) maupun langsung kepada konsumen akhir. Skema tersebut juga memuat adanya sub dealer yang mensuplai produk Suzuki dari main dealer untuk dijual kembali kepada konsumen akhir. Disini konsumen akhir mepunyai dua jenis dealer alternatif jika ingin membeli produk Suzuki, yaitu main dealer atau sub dealer.


Saluran Distribusi PT Astra Honda Motor (AHM)

















Saluran distribusi yang menyalurkan  produk dari PT Astra Honda Motor ke dealer adalah melalui Main Dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Jakarta Tangerang yaitu PT Wahana Makmur Sejati. Dealer dan Main Dealer bekerja sama untuk  lebih meningkatkan penjualan produk, system yang digunakan adalah Push To Pull yaitu dengan cara pemesanan unit produk dua minggu pasca pengiriman barang,dengan demikian tidak akan terjadi penumpukan stock digudang karena sebelumnya dealer telah membuat perencanaan  penjualan, jadi barang yang dikirim sesuai permintaan.
Kelompok Lain Selain kelompok - kelompok yang sudah disebutkan di atas, organisasi juga menghadapi kelompok lainnya  (yang belum disebutkan) dari lingkungannnya. Kelompok tersebut misalnya anak cabang perusahaan dan Channel yang  juga sangat mempengaruhi purna jual

SUMBER
garuda.dikti.go.id



Kunjungi Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar